PPI Kansai merupakan salah satu kordinator daerah di bawah organisasi PPI Jepang dengan tugas pokok mengkordinasikan kegiatan-kegiatan PPI Komisariat di wilayah Kansai.  PPI Kansai juga memiliki tugas untuk menciptakan sarana diskusi di antara anggota, merekatkan tali silaturahmi antar anak bangsa, sehingga pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan kepribadian yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan secara optimal demi kemajuan tanah air. PPI Korda kansai membawahi PPI Komsat Kyoto-Shiga, Osaka-Nara, Kobe, Okayama, dan Tokushima. Saat ini kurang lebih 400 mahasiswa indonesia yang menjadi anggota PPI Korda Kansai.

Setiap komsat melaksanakan kegiatan yang bersifat nasional atau internasional untuk pengembangan ilmu pengetahuan, kegiatan yang dapat membantu melancarkan studi anggotanya, dan kegiatan yang dapat menampung dan menyalurkan kepentingan, kehendak dan cita-cita bersama, serta memupuk dan mengembangkan bakat anggotanya.

Setiap tahun PPI Korda Kansai melaksanakan 3 kegiatan Utama di bidang Olahraga dan kebersamaan, bidang Kesenian dan Kebudayaan, dan bidang keilmuan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh komsat-komsat di bawah PPI Kansai yang pelaksanaannya dilakukan secara bergiliran dengan jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan Olah raga merupakan salah satu kegiatan akbar yang dilaksanakan untuk menyalurkan minat olehraga untuk seluruh WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Osaka. demikian pula untuk kegiatan seni dan budaya. Kegiatan keilmuan yaitu kegiatan yang dikhususkan untuk para pelajar dengan bentuk kegiatan seperti seminar, simposium, ataupun diskusi ilmiah dengan menghadirkan pembicara sesuai dengan tema kegiatan. Selain kegiatan tersebut, PPI Korda kansai juga melaksanakan kegiatan tambahan yaitu Badminton Kansai Cup.

Tiap tahun pergantian kepengurusan dilakukan secara rolling yang dipilih ditingkat Komsat kemudian diusulkan ke Korda. Berikut nama-nama ketua PPI Korda kansai dari tahun ketahun

2007-2008 : Kartika Kus Hendratna
2008-2009 : Lukman Hakim
2009-2010 : Berry Juliandi (PPI Osaka-Nara)
2010-2011 :
2011-2012 : Suharman Hamzah (PPI Kyoto-Shiga)
2012-2013 : Hanggoro Tri Rionce (PPI Kobe)
2013-2014 : Heri Setiawan (PPI Okayama)
2014-2015 : Hendy Setiawan (PP Kyoto-Shiga)
2015-2016 : Surya Agung  P. (PPI Osaka-Nara)
2016-2017 : Achmadi Bambang Sulistiyono (PPI Kobe)
2017-2017 : Februadi Bastian (PPI Okayama)