Tentang

Tentang PPI Kansai

Sejarah, Visi & Misi, Deskripsi singkat PPIJ Korda Kansai

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Kordinator Daerah Kansai lebih dikenal dengan PPIJ Korda Kansai, selanjutnya disebut PPI Kansai, merupakan bagian dari PPI Jepang yang mengkordinasikan lima Komisariat PPI meliputi: PPI Komisariat Kyoto-Shiga, PPI Komisariat Osaka-Nara, PPI Komisariat Kobe, PPI Komisariat Okayama, dan PPI Komisariat Tokushima. Hingga tahun 2018, tercatat sekitar lebih dari 500 pelajar aktif yang berada diwilayah Kansai yang tersebar di lima komisariat diatas. Setiap tahun PPI Kansai memiliki tiga program kerja unggulan yaitu kegiatan keilmiahan, kegiatan budaya, dan kegiatan olahraga (PORMAS). Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran setiap tahun di masing-masing komisariat. PPI Kansai memiliki unit bisnis BPT Garuda yang dapat mendukung pendanaan dari kegiatan-kegiatan di daerah Kansai maupun di tingkat komisariat di dalamnya.

 

 

Saat ini, PPI Kansai telah berjalan lebih dari 10 tahun. Dari tahun ke tahun, suksesi kepengurusan dilakukan secara bergantian dari masing-masing komisariat yang terdapat di daerah Kansai. Ketua yang baru terpilih ditingkat Komsat kemudian diusulkan untuk disetujui di forum musyawatah warga daerah Kansai. Berikut nama-nama ketua PPI Kansai dari tahun ke tahun dengan asal komisariatnya:

2007-2008 : Kartika Kus Hendratna​
2008-2009 : Lukman Hakim​
2009-2010 : Berry Juliandi (PPI Osaka-Nara)​
2011-2012 : Suharman Hamzah (PPI Kyoto-Shiga)​
2012-2013 : Hanggoro Tri Rionce (PPI Kobe)​
2013-2014 : Heri Setiawan (PPI Okayama)​
2014-2015 : Hendy Setiawan (PP Kyoto-Shiga)​
2015-2016 : Surya Agung P. (PPI Osaka-Nara)​
2016-2017 : Achmadi Bambang Sulistiyono (PPI Kobe)​
2017-2017 : Februadi Bastian (PPI Okayama)​
2017-2018 : Agus Setiawan (PPI Osaka-Nara)​

 

 

Adapun PPI Kansai memiliki visi dan misi sebagai berikut

VISI:

Mewujudkan PPIJ Korda Kansai sebagai organisasi yang mengayomi anggotanya dengan semangat kekeluargaan, keilmuan, dan kebangsaan.

MISI:

  1. Memperkokoh konsolidasi, komunikasi, dan sinergisitas antar komsat-komsat di wilayah korda Kansai melalui jalur komunikasi maupun sosial media yang ada.
  2. Mengoptimalkan peran PPIJ Korda Kansai sebagai jembatan komunikasi dan kordinasi antara komsat-komsat di wilayah Korda Kansai dengan PPI se-Jepang, KBRI, KJRI, maupun instansi lainnya.
  3. Melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebangsaan, serta kegiatan keilmuan yang dapat berkontribusi bagi Indonesia.

 

0
Jumlah Komsat
0
Jumlah Kegiatan Utama Tahunan
0
Jumlah Pelajar
0
Jumlah Pengurus Harian